Cerita Anindita Pasiak Rayakan Natal dan Tahun Baru di AS: Serunya Bisa Saling Tukar Kado

MANADOPOST.ID – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan tahun baru Anindita Pasiak kali ini bukan di Manado. Ia menghabiskan akhir tahun di Tucson, Arizona, Amerika Serikat (AS). Bukan karena lagi liburan. Pelajar MAN 1 Model Manado ini bisa berada di negeri Paman Sam karena terpilih mengikuti program pertukaran pelajar.

Dita –panggilan akrabnya, menjadi perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) dalam program pertukaran pelajar beasiswa dari Bina Antar Budaya yaitu KL-YES (Kennedy Lugar Youth-Exchange & Study).

Hampir 4 bulan berlalu di AS, Dita sudah belajar banyak hal. Di usianya yang masih muda dan seorang muslim, Dita bisa merasakan indahnya toleransi di negara orang. Salah satu momen yang akan menjadi kenangan manisnya adalah merayakan Natal bersama keluarga angkatnya di Tucson, Arizona.

Hai Folks! Kali ini Dita bakal bercerita tentang Christmas dan New Year di AS. But at first I wanna say Happy New Year!

Tahun ini Dita untuk pertama kalinya ikut serta dalam merayakan Christmas dengan keluarga di AS. Dita juga berkesempatan untuk datang di salah satu festival lampu di Tucson, Arizona yang memang hanya dibuka pada bulan Desember. Festival lampu atau winter heaven adalah festival yang dimana semua rumah di tempat tersebut wajib untuk dihiasi dengan lampu-lampu atau pernak-pernik Natal lainnya seperti pohon Natal.

Salah satu tradisi di keluarga Dita di Amerika, kita diperbolehkan membuka satu kado pada christmas eve (24 Desember). Kado-kado lainnya akan dibuka pada Christmas Day yaitu tanggal 25. Seperti christmas di Indonesia, kami sekeluarga berkumpul untuk makan bersama dan saling menukarkan kado. Dita juga sempat bertanya “Apa sih yang ditunggu-tunggu orang Amerika di hari Natal?” Dan dari jawaban mereka, Dita bisa menangkap bahwa Christmas bagi orang Amerika adalah hari penting bukan hanya berkaitan dengan agama, tapi lebih ke berkumpulnya keluarga besar.

Selain Christmas, New Year atau Tahun Baru juga menjadi salah satu perayaan yang paling ditunggu-tunggu. Pada malam tanggal 31 Dita berkumpul bersama anak exchange (pertukaran pelajar) lainnya dari Kazakhstan, Tunisa dan Prancis. Kita berkumpul untuk makan malam bersama, dan bermain salah satu permainan yaitu skip.bo dan menunggu acara Tahun Baru dimulai. Layaknya New Year pada umumnya kami memasang fireworks atau kembang api. (***)

Cerita Anindita Pasiak Rayakan Natal dan Tahun Baru di AS: Serunya Bisa Saling Tukar Kado

Related Posts