8 Tanaman Hias yang Cocok Jadi Dekorasi Natal

Saat perayaan Natal, sebagian orang suka menghias rumah dengan pernak-pernik Natal mulai dari pohon Natal, bunga khas Natal, hingga tanaman hias. Tanaman hias bisa mempercantik ruangan sekaligus membuat suasana lebih menyegarkan dan sejuk. 

Ada banyak pilihan tanaman hias untuk dijadikan dekorasi Natal di rumah, namun Mama sebaiknya memilih tanaman yang memang selaras dengan konsep Natal yang telah ditentukan.

Untuk memudahkan Mama memilih tanaman hias, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa jenis tanaman hias yang biasa dijadikan dekorasi Natal. 

1. Violet afrika

Unsplash/Alexb

Violet afrika adalah tanaman hias yang memilih berbagai warna bunga, mulai dari ungu, lavender, merah muda, dan putih. Bunga violet afrika umumnya akan tumbuh selama 75 hari. 

Tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias saat perayaan Natal, Mama pun dapat menempatkannya dalam sebuah pot atau vas bunga. Perawatannya pun mudah, yakni diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari tidak langsung serta disiram sebelum tanahnya kering. 

Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk menyiram tanaman ini, Mama hanya perlu meletakkan jari di atas tanahnya. Apabila permukaan tanah terasa kering, maka siram secukupnya air. 

2. Kastuba

2. Kastuba

Unsplash/Pistos

Kastuba atau Poinsettia adalah tanaman hias yang menyukai angin dingin di bulan Desember. Itulah sebabnya, kastuba memiliki daun yang berubah warna sesuai musim. Saat musim dingin, daun tanaman kastuba akan berwarna merah, jingga, dan putih. 

Sementara itu, bunga kastuba umumnya berwarna merah, sehingga cocok untuk membangkitkan suasana Natal. Warna merah bisa menjadi pusat perhatian dalam ruangan yang berwarna putih atau krem. 

3. Amarilis

3. Amarilis

Unsplash/Rossdomke

Amarilis bisa dijadikan tanaman hias atau diambil bunganya saja untuk dijadikan hiasan bunga saat perayaan Natal. Tanaman amarilis memiliki bunga dengan kelopak yang terang. Tanaman ini bisa bertahan selama berminggu-minggu tanpa perawatan khusus. 

Setelah bunga layu, Mama tetap perlu menyiram tanaman ini karena bunga lainnya bisa tumbuh lagi di musim yang sama. Untuk mempercantik ruangan, Mama bisa menempatkan amarilis di dalam pot atau vas bunga, kemudian diletakkan di dekat jendela. 

Editors’ Picks

4. Christmas cactus

4. Christmas cactus

Unsplash/Ririnfitri

Sesuai namanya, christmas cactus atau kaktus Natal merupakan tanaman hias yang identik dengan perayaan Natal. Kaktus Natal termasuk jenis tanaman sukulen yang memiliki bunga dengan beragam warna. 

Kaktus Natal bisa bertahan hidup dalam waktu lama, sehingga cocok dijadikan penghias ruangan saat Natal atau sesudah Natal. Untuk perawatannya, Mama sebaiknya meletakkan kaktus Natal di jendela agar mendapat sinar matahari langsung. 

Hindari memberikan air yang berlebihan karena tanaman ini hanya membutuhkan banyak air saat musim kemarau. 

5. Christmas rose

5. Christmas rose

Unsplash/Gosia_oledzka

Christmas rose bukanlah tanaman dari spesies mawar. Christmas rose termasuk tanaman liar yang memiliki bunga cantik untuk dijadikan dekorasi ruangan. Nama rose atau mawar pada tanaman ini bermula dari legenda yang dipercaya turun temurun di Eropa. 

Apabila Mama ingin menjadikan tanaman ini sebagai dekorasi Natal, Mama perlu berhati-hati karena tanaman ini mengandung racun. Apabila racun menempel di kulit bisa menimbulkan sensasi terbakar. Jadi, pastikan untuk menggunakan sarung tangan jika ingin merawat tanaman ini. 

6. Mistletoe

6. Mistletoe

Unsplash/Paul_1865

Mistletoe adalah tanaman parasit yang biasanya tumbuh di pepohonan. Tanaman jenis ini mengandung racun, sehingga tidak dapat dikonsumsi oleh manusia, namun bermanfaat bagi sebagian hewan. 

Meskipun begitu, mistletoe tetap bisa dijadikan tanaman hias saat perayaan Natal. Pasalnya, tanaman gantung ini dipercaya bisa memberikan keberuntungan dan melambangkan kasih sayang bagi penghuni rumah. 

7. Rosemary

7. Rosemary

Unsplash/Zmefc

Rosemary termasuk tanaman herbal, namun bisa dijadikan tanaman hias saat Natal. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang menyerupai piramida, sehingga mirip dengan pohon cemara. 

Tak hanya itu, rosemary bisa memberikan bau yang menyegarkan ketika diletakkan di suatu ruangan. Untuk perawatannya, Mama perlu menyiramnya ketika tanah mulai kering dan meletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari. 

8. Holly

8. Holly

Unsplash/Erwanhesry

Holly adalah jenis tanaman hias yang identik dengan perayaan Natal. Holly awalnya digunakan oleh umat Kristiani untuk menghias rumah saat musim dingin.

Jenis tanaman ini dipercaya mampu mengusir roh jahat yang akan masuk ke rumah. Filosofi tersebut terus terbawa dan dijadikan simbol perayaan Natal.

Holly umumnya dijadikan tanaman hias yang dipasang di depan pintu saat perayaan Natal. Beberapa orang juga menambahkan pernak-pernik Natal seperti pita untuk mempercantik tanaman. 

Nah Ma, itulah beberapa tanaman hias yang bisa dijadikan dekorasi saat Natal. Ada tanaman hias yang berbunga, ada pula yang hanya memiliki daun tetapi mampu mempercantik ruangan. Jadi, tanaman hias mana yang menjadi favorit Mama?

Baca juga:


https://www.popmama.com/life/home-and-living/rindi-1/tanaman-hias-yang-cocok-jadi-dekorasi-natal

Related Posts