11 Ide Dekorasi Meja Kopi yang Fungsional dan Bergaya Halaman all

JAKARTA, KOMPAS.com – Meja kopi adalah salah satu elemen penting di ruang tamu maupun ruang keluarga. Meskipun fungsinya jelas untuk menempatkan hiasan dan menjamu tamu dengan minuman dan camilan, bukan berarti meja kopi tak perlu didekorasi agar cantik.

Meja kopi sebetulnya dapat Anda jadikan titik fokus ruangan. Caranya adalah dengan memilih meja kopi yang menarik dari sisi desain, namun penataannya juga perlu diperhatikan.

Dikutip dari HGTV, Jumat (22/10/2021), berikut sejumlah ide dekorasi meja kopi agar tak hanya fungsional, namun juga bergaya dan sedap dipandang.

Baca juga: 6 Keuntungan Memiliki Meja Makan Kayu

UNSPLASH/HANNAH BUSING Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.

1. Pertahankan keseimbangan

Tidak ada yang membuat permukaan yang berantakan lebih cepat daripada koleksi pernak-pernik kecil dalam jumlah banyak. Sebaliknya, hanya menampilkan benda besar dapat terlihat berat dan tidak praktis.

Untuk menjaga meja kopi tetap seimbang, variasikan skala item tampilan dan susun atau kelompokkan objek seperti itu bersama-sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Bentuk grid

Jika Anda memiliki meja kopi besar, mengetahui dari mana harus memulai bisa menjadi hal yang menantang.

Tipsnya adalah, rekatkan bagian untuk membentuk kisi dan posisikan objek di dalam kotak. Ini membantu mengkotak-kotakkan gaya Anda.

Baca juga: Trik Mengatur Meja Kerja di Rumah agar Rapi dan Teratur

3. Buat pergantian dekorasi sesuai musim

Sebagai titik fokus ruang tamu maupun ruang keluarga, meja kopi adalah tempat yang tepat untuk memutar elemen dekoratif musiman.

Misalnya, saat musim kemarau, letakkan keong laut di tumpukan buku untuk suasana pantai, lalu menjelang Natal, letakkan elemen dekorasi khas Natal.

 

4. Tinggi dan rendah

Ketika semua item berada pada level mata yang sama, tidak ada yang diperhatikan. Untuk membuat sketsa yang lebih menarik, variasikan tinggi dan skala objek dekoratif meja kopi.

Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.

5. Bagi menjadi tiga bagian

Aturan serba tiga berguna saat menata meja kopi Anda. Seperti pada tips nomor dua, membagi meja kopi menjadi tiga bagian terpisah dapat membantu Anda memutuskan di mana segala sesuatunya terlihat paling baik.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan, Letakkan di Meja Kerja

Ini terutama berlaku untuk meja kopi berbentuk persegi panjang.

6. Warna kontras

Pilih dekorasi yang memainkan warna meja kopi Anda. Jika meja berwarna putih atau netral, gunakan warna-warna berani di atasnya.

Untuk kayu hitam atau gelap, pamerkan item meja putih metalik dan tajam. Adapun dengan meja bening serbaguna, pilihan warna apa pun bisa digunakan.

7. PIlih sisi

Jika Anda memiliki meja kopi dengan area yang luas untuk ditutup, pilihlah untuk mendekorasi hanya satu sisi. Ini agar meja kopi tidak terasa terlalu berantakan dan untuk memastikan ada cukup ruang bagi teman dan keluarga untuk meletakkan cangkir, piring, atau barang pribadi lainnya.

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman Hias yang Cocok untuk Meja Kerja, Bikin Semangat

8. Letakkan tanaman hias

Meja kopi adalah pengaturan yang sempurna untuk meletakkan tanaman hias kecil dengan perawatan rendah. Letakkan tepat di tengah meja untuk menghidupkan ruang Anda.

 

9 Gunakan baki

Sebuah baki atau nampan melayani tujuan praktis dan bergaya, namun juga mudah diangkat dan dipindahkan ketika Anda akan membersihkan meja. 

Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.UNSPLASH/ZANE PERSAUD Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.

Baki juga berguna untuk memberikan struktur dan simetri, serta menambatkan item di atas meja yang mungkin terasa seperti ‘mengambang’.

10. Periksa setiap sudut

Saat memilih benda untuk diletakkan di meja kopi, pertimbangkan bagaimana tampilannya dari berbagai sudut pandang.

Baca juga: 4 Cara Membuat Meja Makan Tampak Baru dan Mahal

Bingkai foto, misalnya, hanya menawarkan satu sudut yang bagus dan lebih cocok untuk rak buku atau bufet.

11. Cermat memilih

Jika tidak ingin menempatkan banyak benda sebagai elemen dekorasi di meja kopi, pilih hanya satu atau dua karya dekoratif yang benar-benar Anda sukai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/22/075600776/11-ide-dekorasi-meja-kopi-yang-fungsional-dan-bergaya?page=all

Related Posts